21 Oktober 2014

Panorama Gunung Bromo



 
      Gunung Bromo di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memiliki keunikan dengan pasir laut seluas 5.250 hektar di ketinggian 2392 m dpl. Anda dapat berkuda dan mendaki Gunung Bromo melalui tangga dan melihat Matahari terbit. Lihatlah bagaimana pesona Matahari yang menawan saat terbit dan tenggelam.
    Menyaksikan matahari terbit yang spektakuler dari Gunung Bromo merupakan puncak dari wisata di Bromo.
  
Datanglah pada bulan Kasada/ke-sepuluh (biasanya bulan September-November) dan saksikan festival Kasada tahunan dimana suku Tengger datang ke Bromo melemparkan sesajen yang terdiri dari sayuran, ayam, dan uang ke dalam kawah gunung berapi.
   Berkuda di atas lautan pasir yang hanya dimiliki taman nasional ini merupakan pengalaman tak akan terlupakan. Lautan pasir ini begitu luas dan dengan ketinggian 2.392 meter, keunikan alam ini hanya ada di Indonesia. Lautan pasir ini terlihat mengagumkan saat matahari menyapukan sinarnya yang kejinggaan di pagi hari, terlihat jelas dari Cemorolawang, salah satu pintu masuk kawasan taman nasional ini.
   Para pendaki Gunung Semeru, selalu melakukan detour ke beberapa danau dingin yang selalu berkabut, yaitu Ranu Pani, Ranu Regulo, dan Ranu Kumbolo. Hal ini merupakan sebuah pengalihan fokus perjalanan yang mengesankan.

Kuliner

Sedikit sulit untuk mendapatkan makanan di daerah inti taman nasional. Namun jika Anda lupa membawa makanan, restoran-restoran dekat Gunung Bromo buka dari pukul 3 pagi hingga 9 malam di Desa Wonokitri, di Pasar Tosari. Warung-warung tersebut menyediakan berbagai macam makanan khas Indonesia seperti nasi goreng, rawon,soto,bakso dan lain-lain.

Akomodasi

Ada banyak guesthouse dan hotel sederhana di sekitar Gunung Bromo. Guesthouse Bromo terletak di Ngadisari berjarak 3 km dari lereng kawah atau Anda dapat memilih hotel lain di Cemorolawang yang terletak di lereng kawah.
Anda juga dapat menginap di Tretes, Pasuruan, atau Malang. Inilah kota-kota terdekat ke Bromo dengan resort sejuk bernuansa pegunungan. Selain itu ada juga banyak hotel bagus yang menawarkan pemandangan spektakuler Gunung Semeru dan Gunung Arjuna.
Silakan lihat juga:
1.    Java Banana Bromo
    Jl. Raya Bromo, Sukapura, Probolinggo  67254
    Telp.: 0335 541 193
    Fax.: 0335 541 157
2.    Bromo Cottages
    Tosari, Pasuruan 67177
    Telp.: 0343 571 222
    Fax.: 0343 571 333
    Email: info@bromocottages.com
3.    Café Lava Hotel
    Cemorolawang
    Telp./ Fax: 0341 541 020
4.    Lava View Cottage Bromo
    Cemorolawang
    Telp. / Fax: 0341 541 147
5.    Hotel Bromo Permai
    Cemorolawang
    Telp./ Fax: 0341 541 021

Tidak ada komentar: