25 April 2014

Si Manis Carang Mas

Si Manis Carang Mas


      Dari bahan dasar ubi jalar atau ketela rambat, makanan selingan atau cemilan ini dikenal luas sebagai carang mas. Jajanan tempo doeloe ini begitu mudah dibuat sendiri. Apalagi bahan ketela rambat atau ubi jalar sangat berlimpah. 
         Selain ubi jalar, hanya dibutuhkan gula merah dan minyak untuk menggoreng ubi jalar yang sudah diiris bentuk korek api. Jika menginginkan bentuk carang mas yang beda dari biasa, saat meraciknya bisa dibentuknya menjadi apa saja. Tidak harus bulat atau setengah lingkaran seperti carang mas yang ada di pasaran.
       Untuk memikat hati anak-anak, carang mas bisa dibentuk model binatang yang lucu ataupun buah-buahan. Apakah berbentuk kepala kelinci, atau bisa juga dibentuk mirip buah jeruk atau apel.
Bahkan model hati untuk memikat rasa ingin tahu siapa saja. Agar penampilannya lebih indah, jangan terlalu besar membentuk carang mas agar tak membuka mulut terlalu lebar untuk mengunyahnya.
       Kini di pasaran, carang mas tidak sekadar diracik dengan rasa original ubi jalar bersalut gula merah. Carang mas masa kini sudah dijual dalam kemasan khusus dalam beragam rasa. Ada rasa wangi pandan dengan penampilan carang mas berwarna hijau pandan. Bisa juga ditemui carang mas rasa cokelat dengan warna lebih gelap.
Apapun pilihan rasanya, carang mas bisa menjadi suguhan selingan yang tidak akan tergerus tren dengan kehadiran jajanan anyar berlabel impor. ***

Bahan dan Cara Membuatnya :
Carang Mas
(Untuk 500 gr)
Bahan:
500 gr ubi jalar, potong batang korek api
200 gr gula merah, iris halus
Minyak goreng secukupnya
Membuatnya:
1.
Rendam ubi iris dalam air, sementara mengiris agar ubi tidak berubah kebiruan. Bilas ubi hingga bersih lalu tiriskan.
2. Goreng ubi sedikit demi sedikit dalam minyak panas sampai berwarna keemasan. Angkat, dan tiriskan.
3. Kecilkan api, masak gula merah hingga gula mencair dan tak ada butiran. Masukkan gorengan ubi jalan, aduk rata hingga ubi bersalut gula merah cair secara merata. Angkat wajan dari api.
4. Dengan menggunakan sendok, sendoki adonan sedikit demi sedikit, letakan di atas nampan atau wadah beralas kertas roti, bentuk sesuka hati. Apakah bulat, setengah lingkaran, atau bentuk hati. Biarkan hingga benar-benar mengering dan dingin lalu simpan dalam wadah kedap udara dan sajikan kapan pun suka.

Tidak ada komentar: