24 Oktober 2008

king of the fruits

Durian adalah nama tumbuhan tropik yang berasal dari Asia Tenggara dan yang memiliki nama ilmiyah Durio zibethinus, atau sering disebut dengan "raja buah-buahan (king of the fruits)" ini adalah buah yang sudah tidak asing lagi kita dengar. buah yang bermuka SEREM ini ternyata tidak seserem kelihatannya, rasanya yang enak dan memiliki tekstur yang lembut serta legit ini ternyata juga ikut majang di Nongkojajar.
buah beraroma kuat ini ternyata dapat di lestarikan dengan mudah disalah satu desa di kawasan Nongkojajar, Ngembal, sumber pitu dan kalipucang adalah desa yang sudah lama para penduduknya bermata pencaharian sebagai petani durian.
ketika musim panen raya tiba antara bulan januari sampai akhir maret, anda bisa melihat para penjual durian dengan berbagai cara untuk menawarkan barang dagangannya disepanjang jalan menuju Nongkojajar dari jalur Ngembal. unik juga?
namun tahukah anda manfaat dan dampak dari buah penipu ini?
manfaat buah durian antara lain mengandung kandungan gizi seperti Sodium, karbohidrat, serat, protein, kalsium, fosfor, karoten, potasium, zat besi, vitamin c, thiamin, niacin, riboflavin serta memiliki manfaat mineral alamiah yang mudah dicerna oleh tubuh kita..si tampang sangar ini juga mengandung fosfor dan zat besi yang 10 X lbh banyak dari pisang(mas, ambon dan beranga), bahkan bisa juga untuk merawat kecantikan. tidak hanya buahnya. menurut orang jawa, kulit durian juga dapat mengusir tikus dan "tinggi" (serangga kecil menggigit) dengan cara menaruh kulit durian di sudut ruangan.
namun buah yang sebagian orang mengatakan berbau busuk ini juga mempunyai dampak yang kurang baik bagi penderita kolesterol tinggi, darah tinggi dan asam urat tinggi. bahkan karena baunya yang keras, sejumlah perusahaan melarang orang untuk membawa durian masuk, seperti di kabin pesawat atau hotel, wah...kayak teroris juga ya???
tapi bagi anda pecinta buah teroris ini, kenapa harus menunggu lama lagi?

Tidak ada komentar: