23 Oktober 2008

SELAYANG PANDANG AGROTECH

I. TENTANG AGROTECH TELECENTER

Agrotech Telecenter merupakan salah satu dari 4 Telecenter yang baru didirikan di Jawa Timur untuk tahun 2008. Tiga diantaranya adalah Telecenter Kabupaten Probolinggo, Blitar dan Bojonegoro. Awal pendiriannya dimulai dengan dilaksanakannya kegiatan pelatihan pengelola telecenter pada tanggal 21 Mei 2008 di BPDE Propinsi Jawa Timur. Sarana dan prasarana pendukung telecenter dialokasikan ke masing-masing kabupaten yaitu bulan April dan Mei untuk mebeler serta bulan Juli untuk pemasangan jaringan.

Pemilihan lokasi di wilayah Nongkojajar dikarenakan potensi yang dimiliki wilayah Nongkojajar akan dapat terdukung dengan adanya telecenter yang mampu memberikan informasi teknologi. Potensi tersebut diantaranya di bidang pertanian, peternakan dan pariwisata. Kegiatan pertanian di wilayah Nongkojajar meliputi petani bunga krisan, bunga mawar potong, petani apel, petani durian, paprika, kubis, kentang dan lain sebagainya. Kegiatan peternakan misalnya ternak sapi dan ayam. Objek wisata yang ditawarkan seperti Bakti Alam, Bukit Flora, Agro Krisna, Condido, Gunung Sari Farm dan lain-lain.

II. AGROTECH DALAM WADAH TELECENTER JAWA TIMUR

Telecenter Jawa Timur yang berada dalam payung pemerintah propinsi Jawa Timur mempunyai misi, diantaranya:

1. Menyediakan fasilitas akses informasi bagi masyarakat berbasis TIK

2. Memberdayakan masy. melalui peningkatan efisiensi & produktifitas kegiatan ekonomi serta kemudahan memperoleh pelayanan sosial melalui akses informasi dan komunikasi yang baik.

3. Membangun kerjasama strategis dgn pihak-2 terkait untuk bersinergi membangun informasi, layanan dan program kegiatan

4. Mengembangkan komunitas sebagai pusat informasi & kegiatan masy. yg dapat diakses secara bersama serta sebagai wadah para mitra telecenter memberikan layanan dan sharing program kegiatan

Perkembangan Telecenter Jawa Timur diawali pada tahun 2005 dengan terbentuknya 2 telecenter di Kabupaten Madiun, dengan nama Telecenter Muneng dan Kabupaten Lumajang dengan nama Semeru Telecenter.

Setahun kemudian lahir pula 4 telecenter yaitu Telecenter Prameta – Tuban, Telecenter Global – Pamekasan, Telecenter Pasirputih – Situbondo, Telecenter Sunan Drajat – Lamongan. Sedangkan untuk tahun 2007 telah didirikan pula 4 telecenter yaitu Telecenter Rumpintek – Pacitan, Telecenter Daragati – Malang, Telecenter Mandiri – Bondowoso, dan Telecenter Planet – Tulungagung.

Tahun 2008 juga melahirkan 4 telecenter yaitu Agrotech Telecenter – Pasuruan, Bromo Telecenter – Probolinggo, Telecenter Angling Darmo – Bojonegoro dan Telecenter Bumi Penataran – Blitar.

III. BENTUK FISIK AGROTECH TELECENTER

Sarana dan Prasarana yang ada di Agrotech Telecenter merupakan kerjasama dari APBN Propinsi dan APBD Kabupaten Pasuruan. Sarana dan Prasarana tersebut meliputi Gedung tempat telecenter yang berada di kawasan Guest House Departement PertanianJl. Raya Mesagi No.9 Desa Wonosari Kecamatan Tutur kabupaten Pasuruan. Selain itu Agrotech Telecenter juga dilengkapi dengan 8 unit komputer, 2 unit printer, meja-kursi meeting, almari file, meja-kursi komputer, LCD Projektor, kamera digital, DVD Player, televisi, Fasilitas koneksi internet dan software berlisensi.

IV. SUSUNAN KEPENGURUSAN AGROTECH TELECENTER

NO

NAMA PENGURUS

JABATAN

PENDIDIKAN

1

Rudi Cahyono, S. E

Manajer

S.1

2

Ifa Nadhirotul N, S. AP

Sekretaris

S.1

3

Erik Hermanto

Kabag PP

D.1

4

Adhian Nova

Kabag IT

SMA

5

Mohamad Syaifudin

Operator 1

SMA

6

Eka Dimas Saputra

Operator 2

SMK

7

Sedia Asmara

Penjaga

SMA

Tidak ada komentar: