10 April 2018

Air Terjun Eksotis di Nongkojajar Kab.Pasuruan

Air Terjun Rambut Moyo

Air Terjun Coban Waru terletak di Dusun Kayukebek, Desa Wonosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur.
Coban Waru serta dikenal yang merupakan Coban Joyo atau pun Coban Wonosari. Coban ini mempunyai ketinggian kira kira 25 meter. Curah hujan di kawasan ini kebanyakan 1.800 mm/th bersama bln basah antara Nopember hingga Maret & bln kering antara bln April sampai Oktober yg mencapai suhu kurang lebih 22°C
Berjarak kurang lebih 20 kilo meter dari ibukota Kecamatan Purwodadi. Utk mencapai air terjun ini dari Purwodadi (yg terletak diatara Kecamatan Lawang & Purwosari) membawa arah ke Nongkojajar (yg ditandai papan arahan berupa plang gede bertuliskan wisata alam Nongkojajar bersama gambar buah apel). Sesudah melintasi desa Cowek, Dawuhansengon (Sengon) & Gerbo perjalanan diteruskan sampai ke Desa Ucap. Setibanya di pertigaan (bunderan mungil) ambil/belok ke kanan sampai hingga di Desa Nangkojajar. Jarak dari pertigaaan ke Desa Nangkojajar tersebut lebih kurang 3 kilo meter. Seterusnya dari pasar Nangkojajar perjalanan diteruskan dgn berlangsung kaki tatkala 1 jam perjalanan menuju air terjun tersebut.
Butuh diingat tatkala perjalanan menuju Desa Nongkojajar dapat dijumpai sekian banyak persimpangan, berpatokanlah terhadap arah yg ditandai di batu yg bertuliskan arah ke Gunung Bromo di jamin tak bakal tersesat.

Tips

1. Pantaulah cuaca saat akan berkunjung ke Air Terjun Coban Waru, karena akan sangat menganggu liburan anda jika tiba-tiba turun hujan.
2. Anda bisa membawa makanan sendiri untuk menghemat pengeluaran selama wisata anda.
3. Bawalah barang-barang anda seperlunya. Karena jika terlalu banyak, akan memberatkan anda sendiri.
4. Jika hari libur, biasanya pengunjung yang datang ke Air Terjun Coban Waru sangat ramai. Jadi, ada baiknya datang di hari-hari biasa saja agar anda bisa bebas berwisata di air terjun ini.

Rambut Moyo, adalah sebuah air terjun yang terletak tak jauh dari gunung Bromo, Jawa Timur. Tepatnya di desa Njeglong, Kerajan, Kecamatan Puspo, Pasuruan. Air terjun ini tak kalah dengan air terjun yang ada di Indonesia. Selain menwarakan keindahan dan solek alam hijaunya, ia juga mengandung sebuah legenda tanah Jawa yang indah dan berwarna. Rambut Moyo, sebuah air terjun yang lembut gemericik airnya (pengalaman penulis), tingginya mencapai 40 meter lebih dihiasi hamparan menghijau yang luas dan berguna untuk para pengunjung yang hendak bermukim, bertamasya menggelar tenda di sana. Untuk mencapainya, Anda dapat melintas melalui arah Malang-Surabaya, stop di pertigaan Purwodadi, Pasuruan, lalu Anda dapat menempuh jalan raya hingga mencapai daerah administrasi kecamatan Tutur, dan sekitar 45 menit Anda akan sampai di desa Njeglong, Kerajan, lalu sekitar 20 - 30 menit Anda menempuh perjalanan menuju lokasi air terjun. Namun, disekitar perjalanan yang berubah daerah terjal sehingga diharapkan pengunjung untuk waspada dan hati-hati.

Air Terjun Sumber Nyonya - Tutur - Pasuruan

Air Terjun Sumber Nyonya terletak di Dusun Gunung Sari, Desa Wonosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur - Indonesia. Air Terjun Sumber Nyonya belum di kelola oleh Pemerintah setempat, belum ada tiket masuk, parkir di rumah warga. Air Terjun Sumber Nyonya sebenarnya bertingkat, cuma Air Terjun yang pertama dan kedua agak jauh, sedangkan Air Terjun yang ketiga jaraknya dekat sekali. Setelah parkir motor, berjalan menurun sekitar 20 menit, suara gemericik air makin terasa dekat dan track yang dilalui berubah menjadi sungai, di hulu sungai berdiri kokoh Air Terjun Sumber Nyonya , jaga kebersihan.

Untuk menuju ke lokasi :
1. Dari arah Surabaya : Surabaya - Pandaan - Sesudah Kebun Raya Purwodadi ada pertigaan belok kiri arah Nongkojajar - ada pertigaan/ tugu di Kecamatan Tutur, yang ke kanan ke penanjakan, ambil yang ke kiri arah Agro Wisata Bhakti Alam - Sebelum Agro Wisata Bhakti Alam ada pertigaan belok kanan arah Dusun Gunung Sari - Depan kantor Sekretariat kelompok tani manunggaling karso gunung sari, ada gang masuk kira- kira 100 m, cari rumah pak kasun buat parkir kendaraan.

2. Daria arah Malang : Malang - Lawang - Sebelum Kebun Raya Purwodadi ada pertigaan belok kanan arah Nongkojajar - ada pertigaan/ tugu di Kecamatan Tutur, yang ke kanan ke penanjakan, ambil yang ke kiri arah Agro Wisata Bhakti Alam - Sebelum Agro Wisata Bhakti Alam ada pertigaan belok kanan arah Dusun Gunung Sari - Depan kantor Sekretariat kelompok tani manunggaling karso gunung sari, ada gang masuk kira- kira 100 m, cari rumah pak kasun buat parkir kendaraan.

Air Terjun Sumber Nyonya yang pertama dengan ketinggian ± 15 m.

Air Terjun Sumber Nyonya yang kedua dengan ketinggian ± 7 m.

Air Terjun Sumber Nyonya yang ketiga dengan ketinggian ± 15 m.