24 November 2014

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kulit Apel


                                                  
Banyak orang yang memilih untuk membuang bagian kulit buah apel ketika memakan buah apel. Padahal, dalah kulit buah apel terkandung banyak nutrisi sehat yang baik untuk kesehatan tubuh kita.
Seperti yang dikutip dari laman Foxnews yang dilansir okezone, berikut adalah nutisi yang terkandung dalam kulit buah apel.

Mineral
Kulit Apel merupakan sumber mineral yang penting, termasuk kalsium, kalium, dan fosfor. Kalsium dan fosfor mempromosikan tulang dan gigi terus kuat, sedangkan kalium mendukung sel, jantung dan fungsi pencernaan terus sehat.

Vitamin
Kulit buah apel kaya akan kandungan vitamin A yang baik untuk menjaga agar penglihatan mata terus sehat dan peningkatan pertumbuhan sel. Selain vitamin A, kulit buah apel juga mengandung vitamin C, yang mendukung agar sistem kekebalan tubuh Anda terjaga dengan baik. Di samping itu, buah apel juga meningkatkan produksi kolagen yang bermanfaat untuk kulit terus sehat, mengandung vitamin K yang membantu pengentalan darah, dan kandungan folat yang sangat berguna untuk tubuh dalam pembentukan sel-sel baru.

Antioksidan
Kulit apel dikemas dengan phytochemical kuat seperti flavonoid dan asam fenolat yang membantu tubuh melawan kerusakan sel dalam tubuh. Makanlah apel dengan kulit dan Anda mendapatkan keuntungan dari senyawa yang disebut triterpenoid yang membantu melawan kanker, seperti kanker hati, usus besar dan payudara.

Serat
Kulit dari buah apel mengandung serat larut dan tak larut, dimana jumlah serat didalamya sekira dua-pertiga dalam sebuah apel. Serat memiliki banyak manfaat kesehatan, dari menurunkan kolestrol, sampai membantu pencernaan dengan menawarkan rasa kenyang untuk mengontrol berat badan. Ukuran rata-rata sebuah kulit dengan kulit yang mengandung 4,4 gram serat dan Anda akan kehilangan setengahnya jika Anda mengupas kulitnya.
Nah, setelah tahu apa saja nutrisi yang terkandung pada kulit buah apel, makanlah buah apel beserta kulitnya untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari mengkonsumsi buah apel.

Sumber : Cara Hidup Sehat Alami

Tidak ada komentar: