15 Januari 2009

Salak Pondoh Super Nongkojajar

Nongkojajar ternyata tidak hanya terkenal dengan Apel dan Susu saja. "SALAK PONDOH SUPER" adalah buah yang juga menjadi produk dari masyarakat Nongkojajar. Buah ini ternyata sudah cukup lama ada di Nongkojajar, yang sudah di budidayakan oleh salah satu petani yaitu Bapak Didit dari Desa Tutur. Bahkan sekarang buah tersebut sudah bisa di pasarkan ke beberapa daerah meliputi Malang,Sidoarjo,Surabaya dan Mojokerto. kenapa disebut SUPER, menurut petani salak, Selain bentuknya yang besar tidak seperti biasa rasanyapun juga tidak kalah dengan salak pondoh pada umumnya. Kata beliau selain rasanya manis dan sedikit asam jaga kandungan airnya lebih banyak dibandingkan dengan salak pondoh biasa. Malah kelebihan lain yang berbeda dengan salak biasa yaitu kandungan zat kimianya 0 % karena selama ini mengunakan pupuk dari zat organik, pantas kalau salak ini disebut Salak Pondoh Super, selain super ukurannya super juga rasa dan kandungannya.
adapun manfaat lain dari buah salak adalah Buah salak dapat dimakan segar atau dibuat manisan dan asinan. Batangnya tidak dapat digunakan untuk bahan bangunan atau kayu bakar. Namun, tanaman salak baik untuk batas kebun sekaligus sebagai pengaman kebun.
Harga yang di patokpun relatif murah. waktu musim panen raya biasanya petani memberi harga kisaran antara Rp.3.000,- sampai Rp.6.000,- perkilo. tapi ketika bukan musim panen harga berkisar antara Rp.6.000 - Rp.10.000,- perkilo.
Dalam setahun buah salak bisa panen 2 kali. Selain menjual dalam bentuk buah. Bapak Didit ternyata juga menyediakan bibit. bagaimana, anda mau mencoba buahnya secara langsung atau mencoba bertani salak, semua bisa anda coba...

Tidak ada komentar: